Sabtu, 03 Oktober 2015

How to Master Your Habits



Penulis             : Felix Y. Siauw
Penyunting       : Ramadhi
Penerbit           : Al-Fatih Press
Tahun terbit      : Cetakan ketiga, Juli 2013
Halaman          : 170



“Buku ini bukan buku motivasi. Buku ini adalah buku yang akan menjelaskan pada Anda bagaimana menguasai keahlian tanpa motivasi, bahkan tanpa berpikir!” (How to Master Your Habits)

How to Master Your Habits membahas bagaimana habits (kebiasaan) berpengaruh besar dalam kehidupan kita. Karena pada dasarnya, semua hal yang kita lakukan sehari-hari merupakan hasil dari kebiasaan. Nah, yang jadi pertanyaan adalah apakah itu kebiasaan baik atau buruk?

Di buku ini, penulis yang terkenal dengan karya “Udah Putusin Aja!” menjelaskan bagaimana suatu sikap atau pikiran berkembang jadi kebiasaan, dan bagaimana kebiasaan membawa seseorang pada kemajuan (atau malah kemunduran) dalam hidupnya. Intinya, apapun yang kita capai saat ini, lebih banyak dipengaruhi kebiasaan ketimbang bakat atau keberuntungan.

Seperti yang dikatakan di blurb, buku ini memang bukan buku motivasi. Secara umum, keseluruhan isi buku benar-benar menjelaskan apa itu habits dan pengaruhnya. Hanya ada sedikit tips tentang bagaimana memulai habits baru (tentu habits yang baik) dan melepaskan habits yang buruk. Namun ketika saya membaca seluruh isinya, saya tergerak untuk segera meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan baik.

Saya suka dengan gaya penyampaian Felix Y. Siauw di buku ini. Membaca buku ini rasanya seperti sedang mendengar orang bicara. Aneh, padahal waktu saya baca bukunya yang lain, yaitu Muhammad Al-Fatih 1453, saya merasa bosan dan nggak sanggup melanjutkan hingga halaman terakhir. Entah mungkin karena temanya sejarah atau apa. Yang jelas, How to Master Your Habits bagus sekali untuk dibaca khususnya bagi siapa saja yang ingin mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

[Review ini diikutsertakan dalam Lucky No. 15 Reading Challenge kategori Something Borrowed]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar