Kamis, 21 April 2016

Resensi Buku: Sewindu - Cinta Itu tentang Waktu



Penulis             : Tasaro GK
Editor              : A. Mellyora
Penerbit           : Metagraf, Imprint Penerbit Tiga Serangkai
Tahun Terbit   : Cetakan Pertama, Maret 2013
Halaman          : 381


Sewindu, adalah kumpulan kisah nyata penulis tentang pernikahannya yang telah berjalan selama delapan tahun (saat menulis buku ini). Di dalam Sewindu, Tasaro menceritakan asam manis perjalanan sebuah pernikahan. 

Sewindu dibagi menjadi dua bagian. Bagian satu berkisah tentang masa awal pernikahan Tasaro dengan istrinya. Yaitu cerita tentang bagaimana kehidupan di rumah baru, berperan menjadi suami, menunggu kehadiran si buah hati, bahkan sampai kisah matinya aliran air di komplek yang membawa hikmah.

Di bagian dua, penulis menceritakan kehidupan pernikahannya delapan tahun kemudian. Mulai dari kehadiran dua buah hati, kehilangan orang tua, hingga mewujudkan mimpi yang sekian lama terpendam. 

Setiap kepingan kisah dalam Sewindu, ditulis Tasaro dengan sangat apik dan menarik. Rasanya seperti membaca curhatan orang saja, tapi tetap menyampaikan pesan yang luar biasa tentang bagaimana menjalani sebuah pernikahan.

Sewindu bukan buku motivasi tentang pernikahan. Di dalamnya pun tidak menceritakan kehidupan pernikahan yang sempurna. Ada suka dukanya, ada kurang lebihnya. Namun semua itu yang membuat Sewindu menjadi kumpulan kisah yang menarik untuk dibaca. Terutama untuk bagian satu, sangat cocok dibaca untuk orang-orang yang akan menyongsong hidup baru. Bagi saya, lumayan memberikan gambaran seperti apa sih hidup setelah menikah itu. (Iya, soalnya saya baca buku ini sebelum menikah, hehehe…)

Sementara di bagian dua, secara tidak langsung pembaca diajak untuk berpikir, setelah segalanya, apalagi yang akan kita lakukan? Akankah kita berani memperjuangkan mimpi yang sejak dulu kita rawat atau terlena dengan kenyamanan yang berhasil kita raih?

Membaca buku ini membuat saya merasa lebih mengenal salah satu penulis favorit saya, Tasaro GK. Salah satu bukunya menjadi buku yang paling saya cintai sepanjang masa, berjudul Galaksi Kinanthi. Bukunya yang baru-baru ini terbit adalah Muhammad 3 dan Muhammad 4 (dan yang bikin sedih, saya belum punya kedua buku tersebut. Jadi kalau ada yang berbaik hati mau beliin untuk saya, saya pasti senang sekali… *jadi curhat*).

Oya, satu lagi, saya suka ilustrasi yang menghias buku ini. Lucu-lucu :)

1 komentar:

  1. duuuh tentang nikah-nikah. sepertinya recommended bgt niih..

    BalasHapus