Senin, 31 Oktober 2016

The Deep (Dasar Laut)


Penulis: Helen Dunmore
Penerjemah: Rosemary Kesauly
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan Kedua, Desember 2013
Halaman: 304


Sapphire diundang dalam Rapat Besar kaum Mer. Mereka ingin tahu tentang manusia yang berhasil selamat dari Dasar Laut. Karena sebelumnya, tak pernah ada yang selamat jika sudah tenggelam hingga ke Dasar Laut, bahkan kaum Mer.

Di Rapat Besar itu ternyata Sapphire mendapat tantangan dari kaum Mer, khususnya Ervys, untuk kembali menidurkan Krakken. Krakken adalah makhluk penghuni Dasar Laut yang dianggap monster oleh kaum Mer. Sudah ratusan tahun Krakken tertidur. Jika ia bangun, ia akan melakukan kerusakan di Ingo dan menghabiskan kaum Mer.

Selama ini, cara untuk kembali menidurkan Krakken adalah memberi persembahan anak laki-laki dan perempuan kaum Mer. Namun, apakah itu harus terjadi lagi sekarang? Siapakah yang rela memberikan anaknya kepada monster laut. Sementara itu, jika Krakken tidak segera ditidurkan, mungkin seluruh kaum Mer akan binasa.

Untuk itulah Sapphire dipanggil. Kaum Mer mendengar Sapphire berhasil selamat dari Dasar Laut. Salah satunya berkat si paus, sahabatnya. Kali ini, untuk menunjukkan kalau Sapphire memang layak di Ingo, Ervys meminta Sapphire segera turun ke Dasar Laut dan menidurkan Krakken.

Sapphire memang tidak ingin kaum Mer binasa dan Ingo rusak karena monster dasar laut. Tetapi ia juga tidak yakin, apakah mungkin ia mampu melawan monster yang bahkan ia tak tahu seperti apa bentuknya dan apa kekuatannya. Semua tentang Krakken seperti legenda yang diceritakan turun-temurun tanpa bisa dibedakan mana yang benar dan bukan. Berhasilkah Sapphire melakukan misinya?


Kali ini petualangan Sapphire dan Conor di Ingo adalah tentang menidurkan kembali monster laut yang tak jelas bentuknya. Dari dua seri Ingo yang sudah kubaca, The Deep lumayan lebih seru ceritanya. Mungkin karena aku sangat penasaran, siapa sih Krakken itu, seperti apa bentuknya dan apakah Sapphire sempat menidurkannya sebelum Krakken mengguncang Ingo.

Yang masih menjadi pertanyaanku sampai sekarang, jika Krakken begitu berbahaya, mengapa hanya ditidurkan? Mengapa tidak dimatikan saja supaya lebih aman? Masalah tentang Mum, Dad, dan Roger masih ada. Sapphire dan Conor bahkan membuat perjanjian dengan kaum Mer, jika mereka berhasil menidurkan Krakken, mereka ingin ayah mereka mendapat kesempatan untuk memilih. Apakah ingin tetap menjadi kaum Mer atau kembali lagi menjadi manusia.

Untuk sebuah seri petualangan bawah laut, The Deep lumayan menarik. Seperti biasa, favoritku Conor. Aku masih tidak terlalu suka dengan Faro atau bahkan Sapphire. Meskipun keberanian Sapphire sangat patut diacungi jempol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar