Jumat, 30 Desember 2016

Personal Journal: Kaleidoskop Perpustakaan Ratih Cahaya di 2016



Assalamualaikum semua… 

Nggak nyangka, ya, sebentar lagi 2016 akan segera berlalu. Oleh karena itu, untuk pertama kalinya di blog ini, saya coba menulis kaleidoskop Perpustakaan Ratih Cahaya selama tahun 2016.

1.       Buku yang Dibaca
Berdasarkan tantangan membaca di Goodreads saya membaca 47 buku selama tahun 2016. Lebih tujuh buku dari target tertulis, dan kurang tiga buku dari target sebenarnya. Lho? Iya, di awal tahun saya memasang target membaca 50 buku. Menjelang akhir November, angkanya masih di 30an dan saya agak pesimis bisa mencapai tantangan itu. Akhirnya angkanya saya turunin jadi 40, dengan syarat tetap memperjuangkan target awal. Yang tercapai 47. Yah, bolehlah. Insya Allah di tahun depan, tidak akan ada pengubahan angka. Benar-benar menyesuaikan target dengan kemampuan yang dimiliki.

2.       Buku yang Didapat
Setelah coba membuat rekapitulasi (tsaaaah bahasanya) buku yang didapat tahun ini, munculah angka 55 buku. Yay! Rinciannya:
·         Beli buku sendiri: 45
Buku-buku ini didominasi buku obralan, kok, hahaha… Makanya koleksi saya jadul semua. Tapi ada juga beberapa buku yang saya beli dengan harga asli.
·         Dari penerbit untuk diulas: 4
·         Hadiah pernikahan: 4
·         Book Swap: 2
Sebenarnya book swap nggak menambah jumlah koleksi. Cuma karena bukunya saya belum punya dan  saya anggap baru (btw, saya memang dapet buku baru dari acara Tukar Buku Festival Pembaca Indonesia), jadi saya masukkan dalam daftar buku yang saya dapat tahun ini, hehehe.

sebagian buku yang kubeli tahun ini
  
3.       Resensi yang Ditulis
Hmmm…bisa dibilang, tahun ini adalah penurunan bagi saya di dunia blogging. Baik di blog ini maupun di blog satunya lagi, tahun ini sedikit sekali tulisan yang saya posting. Total jumlah resensi yang saya tulis tahun 2016 adalah 22. Hiks, sedikit banget, ya! Hampir setengahnya dari tahun 2015 yang mencapai 40an review.

4.       Pertama Kali menjadi Host Giveaway
Walaupun jumlah resensi tahun ini menurun, ada satu hal yang membahagiakan di tahun ini, dan saya anggap sebagai peningkatan bagi blog ini. Saya menjadi host giveaway! Yay!

Yang pertama kali memercayai saya menjadi host adalah Penerbit Spring. Duh, nggak nyangka banget saat dihubungi Hana untuk menjadi host giveaway Landline. Selanjutnya, Spring memercayai saya untuk mengadakan Chain Review Cinder dan host Giveaway The Girl on Paper. Alhamdulillah.

Di tahun ini pula, saya mendapat kepercayaan dari ICCPublisher untuk menjadi host Blogtour Gadis Penenun Mimpi  Nah, cuma saya kebagian tahun 2017. Jadi, tunggu blogtour-nya di blog ini, ya!

5.       Tidak Berpartisipasi dalam Reading Challenge
Tahun ini, saya juga tidak berpartisipasi dalam reading challenge apa pun yang diadakan para blogger buku. Saya hanya ikut reading challenge Goodreads. Tadinya tertarik ikut Read and Keep Challenge dari Mbak Vina. Hmmm… ternyata saya selalu lupa untuk menyisihkan uang setelah membaca buku. Akhirnya, gagal total, deh, challenge ini.

Tahun 2017 saya juga masih berencana untuk hiatus dalam reading challenge. Hmm… tapi kalau ada reading challenge yang menarik dengan kriteria yang nggak begitu sulit, sepertinya saya akan ikut, hehehe (masih labil anaknya).

Yang jelas, saya punya rencana untuk membuat tantangan baca pribadi. Jadi, sengaja saya sesuaikan dengan kemampuan membaca, buku yang saya punya, dan hal-hal lain yang sifatnya personal. Walaupun personal, secara garis besar akan saya buat umum/universal. Karena rencananya ingin saya posting di blog ini dan bagi siapa saja yang tertarik, boleh ikutan. Harap dinanti, ya!

Mungkin itu saja ringkasan untuk tahun ini. Sebenarnya, niat saya membuat postingan ini agar menjadi semacam evaluasi blogging, gitu. Karena melihat tahun ini dan tahun kemarin, semangat nge-blog turun drastis. Insya Allah, di tahun 2017 nanti, ingin menggalakkan kembali semangat membaca, menulis, dan mempostingnya di blog. Mudah-mudahan terlaksana, ya! Amiiin….

4 komentar:

  1. Semangat terus di tahun 2017. Dan tambahin Mbak bacaannya, hehe. Padahal saya aja target bacanya kecil, hanya 53 buku saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, Insya Allah nambah tahun ini, jadi 50 buku. Ngelanjutin target baca yang kemarin. :)

      Hapus
  2. Selamat atas pencapaiannya Ratih :D keep up the good work :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Hana. Semangat juga utk target 2017 nya :)

      Hapus