Personal Journal: Buku-Buku yang Diinginkan dan Harapan Lainnya di Tahun 2017


Meskipun sudah tiga hari berlalu di tahun 2017, semoga belum terlambat, ya menulis rencana, target, dan harapan untuk tahun 2017. Terutama yang berkaitan dengan membaca dan dunia perbukuan.

Buku yang Ingin Dimiliki:

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini saya membagi dua kategori untuk buku yang ingin dimiliki. Yang pertama, Wajib Punya alias harus beli tahun ini (syukur-syukur kalau ada yang mau memberi hadiah) dan jadi prioritas utama pembelian buku. Yang kedua, Boleh Juga alias tidak prioritas, boleh dibeli jika bukunya sedang diskon/obral atau ada uang berlebih, hehehe.

Nah, ini dia daftarnya.

Wajib Punya
1. Lapis-Lapis Keberkahan, Salim A. Fillah (Sudah Dimiliki)


2. Sang Pewaris Hujan, Tasaro GK (Sudah Dimiliki)


3. Generasi Penggema Hujan, Tasaro GK


4. Reclaim Your Heart, Yasmin Mogahed (Sudah Dimiliki)


5. Anne of Green Gables, Lucy M. Montgomery


6. Angel in the Rain, Windry Ramadhina (Sudah Dimiliki)


7. Heartwarming Chocolate, Prisca Primasari (Sudah Dimiliki)


8. With or Without You, Prisca Primasari (Sudah Dimiliki)


9. Sejarah Umat Islam, Hamka (Sudah Dimiliki)


10. 1001 Soal Kehidupan, Hamka (sudah dimiliki)



Boleh Juga
1. Men are from Mars and Women are from Venus, John Gray
2. Why Men Don't Listen and Women Can't Read Map, Allan and Barbara Pease
3. Dash of Magic, Kathryn Littlewood
4. Bite-Sized Magic, Kathryn Littlewood
5. Oliver Twist, Charles Dickens
6. Di Tanah Lada, Ziggy Z.
7. White Wedding, Ziggy Z. (sudah dimiliki)
8. Jakarta Sebelum Pagi, Ziggy Z
9. Eleanor and Park, Rainbow Rowell
10. The Architecture of Love, Ika Natassa
11. Blue Romance, Sheva
12. Memorabilia, Sheva (sudah dimiliki)
13. 17.17, Sheva
14. All You Need is Love, Fakhrisina Amalia
15. Puteri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng, Jostein Gaarder
16. Misteri Soliter, Jostein Gaarder
17. Bilang Begini Maksudnya Begitu, Sapardi Djoko Damono
18. Harry Potter and Chamber of Secret, JK Rowling
19. Harry Potter and Half Blood Prince, JK Rowling
20. Seri Kumbang, Enid Blyton
21. Seri si Bandel, Enid Blyton
23. dan apapun buku Enid Blyton lainnya, kecuali Lima Sekawan yang sudah lengkap
24. Seri Laura Ingalls

Hmmm... banyak juga, ya ternyata. Sebenarnya sih, masih akan panjang lagi, tapi setidaknya ini yang paling saya inginkan untuk saat ini.

Target Blogging

1. Langsung menulis review ketika tamat membaca sebuah buku. Karena biasanya ini yang menjadi salah satu faktor malas mereview dan akhirnya nggak jadi menulis review.

2. Minimal sekali seminggu memposting review. Mungkin untuk blogger buku lain, satu seminggu sekali itu jarang, tapi buat saya sudah lumayan, apalagi kalau bisa konsisten.

3. Mematuhi reading challenge yang dipasang. Saya ikut tantangan di Goodreads saja. Harapannya cuma satu, yaitu nggak mengganti angka buku di akhir tahun, hehehe.

4. Mengikuti lomba resensi/ resensi pilihan Gramedia. Semoga ini menjadi penyemangat dan pendorong untuk memperbaiki kualitas review.

5. Mengikuti event dari BBI. Hmm... tadinya tahun ini saya ingin mencoba aktif di Posbar BBI, eh pas liat ternyata tahun 2017 malah nggak akan ada Posbar, hiks. Semenjak jadi anggota BBI saya memang pasif sekali dalam partisipasi event. Cuma sekali saja ikut Posbar BBI. Nah, tahun ini rencananya ingin lebih aktif lagi. Walaupun nggak ada Posbar, semoga bisa aktif di event BBI lainnya, ya.

6. Meninggalkan jejak di posting-posting yang saya suka. Selama ini saya silent reader atau mungkin silent blogger. Sering blogwalking, mampir ke sana kemari, tapi lebih suka diam saja. padahal nggak sedikit postingan yang saya suka. Tahun ini, berharap dapat banyak teman baru lewat jejak-jejak yang ditinggalkan. Semoga kalian nggak keberatan :)

7. Memposting rencana membaca per bulan di blog dan/atau IG. Jadi, setiap awal bulan, saya akan memberi tahu buku apa yang saya akan baca. Gunanya supaya semakin semangat dan nggak melenceng dari target.

Mungkin itu saja, nggak terlalu banyak dan mudah-mudahan nggak terlalu muluk juga. Semoga semua rencana dan harapan kita di tahun 2017 tercapai, ya... Amiin...

Komentar

  1. Waahhh buku2 Ziggy masuk wishlist nih. Saya juga penasaran sih dg buku2nya, terutama Jakarta Sebelum Pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya baru baca Lucid Dream, langsung naksir dengan gayanya Ziggy. Jadi penasaran dengan karya-karyanya yang lain. Ditambah review buku-bukunya kebanyakan bagus.

      Hapus
  2. Bliss seriesnya Kathryn Littlewood memang enak ya 😋? Saya juga baru baca buku pertamanya, semoga tahun ini kita bisa sama2 baca lanjutannya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, selain enak, aku juga suka dengan pinggiran kertasnya yang berwarna biru. Amiiiin :)

      Hapus

Posting Komentar