Personal Journal: Timbunan dan Wishlist untuk Paruh Kedua 2017

Assalamualaikum semua…. Mohon maaf lahir dan batin, ya… Bagaimana libur Lebarannya? Menyenangkankah? Kalau saya, walaupun libur Lebaran ini tidak mudik, tetapi Alhamdulillah, cukup untuk refreshing dari rutinitas kerja.

Tidak terasa ya, enam bulan sudah berlalu di tahun 2017. Di awal Juli ini (anggap aja masih awal Juli, oke? hehehe), saya mau melihat kembali target bacaan yang sudah tercapai. Kalau berdasarkan catatan di Goodreads, saya sudah membaca 36 buku dari target 50 buku. Insya Allah, saya yakin tahun ini target tersebut tercapai. Bahkan kalau bisa lebih dari target. 


Memang sih, tidak semua buku yang saya baca, saya tulis resensinya. Beberapa buku tipis dan buku-buku yang tidak menarik bagi saya, tidak saya tulis resensinya. Selain mengevaluasi target membaca, saya juga mengevaluasi target memiliki buku.

Omong-omong, sejak tahun ini saya lebih ketat dalam membeli buku. Tidak seperti dulu, setiap ada diskon atau obralan buku, saya kalap dan membeli banyak buku. Sekarang, saya lebih selektif dalam membeli buku, meskipun saat itu sedang obralan. 


Saya hanya membeli buku-buku yang ada di dalam wishlist utama saya. Ada juga wishlist cadangan, yaitu buku-buku yang saya inginkan dan boleh dibeli jika buku itu sedang diskon. Jadi, kalau ada obralan buku, tapi buku-buku yang dijual tidak sesuai dengan wishlist saya, tidak saya beli. Ya, meskipun dengan susah payah, sih, hehehe. 

Alhamdulillah, sejak menerapkan sistem tersebut, keinginan saya membeli buku menjadi lebih terkendali. Dan itu sangat berpengaruh pada timbunan yang kini tidak terlalu tinggi lagi, hehehe. Dari 10 buku yang berada di wishlist utama, saya sudah memiliki 8 buku. Tinggal dua buku lagi, yaitu Muhammad; Generasi Pewaris Hujan karya Tasaro GK dan Anne of Green Gables karya Lucy M. Montgomery.

Saya juga masih punya sisa timbunan dari tahun lalu dan tahun sebelumnya. Saya berniat membabat sebagian besar timbunan dari tahun-tahun lalu sebelum kehilangan mood untuk membacanya. Iya, tahun-tahun lalu, saya masih sangat menggandrungi novel, sedangkan akhir-akhir ini saya lebih tertarik pada buku-buku nonfiksi. Meskipun bukan berarti saya tidak lagi membaca novel, hanya dikurangi saja.

Ada beberapa buku yang saya ingin baca ulang sebelum membaca buku lanjutannya. Seperti seri Books of Beginning karya John Stephens. Seri keduanya, The Fire Chronicle ada di dalam daftar timbunan. Buku pertamanya, TheEmerald Atlas, buat saya seru banget. Saya berniat membaca ulang buku tersebut sebelum memulai The Fire Chronicle.

Saya juga berencana untuk melengkapi Tetralogi Muhammad saw karya Tasaro GK dan membaca ulang dua buku pertamanya setelah semua serinya lengkap. Liburan kemarin saya baru membeli buku ketiganya. Tinggal buku keempat yang belum saya miliki. Semoga ada rezekinya, ya.


Beberapa buku yang menjadi target baca saya enam bulan ke depan adalah:

  1. Lukisan Dorian Gray
  2. Five People You Meet in Heaven
  3. The Leap
  4. Pesantren Impian
  5. Cinderella in Paris
  6. Spells
  7. Illusions
  8. Peter Rabbit vol. 1
  9. Peter Rabbit vol. 2
  10. Recclaim Your Heart
  11. Ruby Red
  12. Sapphire Blue
Oiya, selain target membaca buku, saya juga memiliki beberapa rencana untuk blog ini. Mulai bulan ini, Insya Allah, Perpustakaan Ratih Cahaya tidak hanya diisi dengan resensi buku melainkan postingan lain yang tentu saja masih berhubungan dengan buku. Apakah itu? Tunggu saja minggu depan, ya. Saya merencanakan untuk memposting tulisan non-resensi setiap hari Sabtu, sedangkan untuk postingan resensi setiap hari Selasa atau Rabu.

Saya juga berniat mengadakan giveaway pribadi di bulan ulang tahun saya sekaligus ulang tahun blog ini juga. Kapan itu? Sekali lagi, tunggu saja, ya. Insya Allah tidak lama lagi, kok. Semoga target-target tersebut bisa terlaksana, ya. 

Kalau kamu bagaimana? Apa rencanamu di paruh kedua tahun 2017 ini? Buku-buku apa saja yang ingin kamu baca atau kamu miliki? Share di komentar, yuk…




Komentar