Daftar Buku Fantasi Wajib Baca

Assalamualaikum, apa kabar?

Membicarakan karya fantasi sepertinya tidak akan habis-habis. Akan selalu ada karya fantasi baru dengan berbagai ragam subtema dan ciri khas yang menarik untuk diulas. 

Apa sih yang bikin novel fantasi itu menarik dan disukai banyak pembaca? Mungkin karena begitu banyak hal yang bisa terjadi di cerita fantasi, yang tidak bisa terjadi di novel-novel non-fantasi lainnya.

Saya sendiri bukan penggemar fanatik karya fantasi. Saya tidak juga selalu melahap novel fantasi baik yang klasik maupun kontemporer. Akan tetapi, saya cukup tertarik dengan berbagai 'dunia baru' yang ditawarkan oleh novel-novel fantasi.

Kali ini saya ingin membuat daftar buku-buku fantasi yang wajib saya baca selama hidup. Saya membuat daftar ini sebagai penyemangat dan pengingat agar saya mencapai target yang saya inginkan. 

1. Novel fantasi karya J.R.R. Tolkien 



J.R.R. Tolkien merupakan salah satu penulis novel fantasi paling populer di dunia. Karyanya, Lord of The Rings dan The Hobbit, sudah diadaptasi menjadi film dan telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dunia. Namun, karya Tolkien bukan hanya Lord of the Rings dan The Hobbit, masih ada beberapa yang lain, seperti Children of Hurin, The Silmarillion, Beren and Luthien, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri menargetkan untuk membaca karya-karya Tolkien yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia saja. Supaya lebih gampang cari bukunya dan memahami ceritanya. Yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia termasuk Trilogi Lord of the Rings, The Hobbit, The Silmarillion, dan Children of Hurin. Yang sudah saya baca baru Lord of the Rings, berarti masih ada tiga buku lagi.


2. Chronicles of Narnia, C.S. Lewis

Selain Tolkien, C.S. Lewis merupakan penulis novel fantasi yang juga populer. Karyanya yang paling terkenal tentu saja The Chronicles of Narnia. 



Chronicles of Narnia terdiri dari tujuh buku. Saya sudah membaca beberapa bukunya secara acak dan hasil pinjaman. Saya berniat mengoleksi satu set seri Narnia dan membaca ulang semua ceritanya berdasarkan urutan kronologi cerita.


Urutan buku Chronicles of Narnia memang memiliki keunikan tersendiri karena ada dua urutan. Urutan berdasarkan buku terbit (menjadikan The Witch, The Lion, and The Wardrobe sebagai buku pertama) dan urutan berdasarkan kronologi cerita di dunia Narnia (menjadikan buku Magician's Nephew sebagai buku pertama).


Saya tertarik membaca seri Narnia berdasarkan kronologi cerita agar lebih mudah menangkap dan memahami keseluruhan cerita di dunia Narnia ini.

3. Seri Harry Potter, J.K. Rowling

Tidak lengkap sepertinya jika membahas buku fantasi tanpa memasukkan Seri Harry Potter yang mendunia dan digilai ribuan pembaca. Saya termasuk penggemar Harry Potter yang menonton semua filmnya dulu baru tertarik untuk membaca semua novelnya.


Setelah menonton seluruh film Harry Potter, saya terpikir, jika filmnya saja sudah sekeren ini, bagaimana dengan novelnya. Pasti jauh lebih keren lagi. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membaca dan mengoleksi seluruh seri Harry Potter (1-7).

Sayangnya, saya baru memiliki tiga buku Harry Potter, (buku keempat, kelima, dan ketujuh). Saya ingin membeli seri sisanya dengan konsep cover yang sudah saya miliki yang berarti saya harus berburu di obral buku lama atau cari buku bekas. :)

4. Trilogi Inkheart, Cornelia Funke

Saya belum pernah membaca satu pun karya Cornelia Funke. Saya hanya pernah menonton film Inkheart dan membaca beberapa resensi yang mengulas Trilogi Inkheart. Kebanyakan resensi yang saya baca mengatakan Trilogi Inkheart adalah salah satu karya fantasi yang bagus dan layak dibaca. Saya juga tertarik dengan dunia buku yang diangkat penulis.


Alhamdulillah, saya sudah melengkapi seluruh Trilogi Inkheart dari buku pertama sampai buku ketiga. Tinggal meluangkan waktu untuk membacanya saja. Semoga bisa saya laksanakan segera.

Bagaimana denganmu? Buku-buku fantasi apa saja yang menurutmu wajib dibaca baik oleh penggemar karya fantasi maupun yang baru ingin memulainya?

Jika ada buku fantasi yang menurut kamu menarik untuk saya baca dan belum ada di daftar ini, boleh banget sharing di komentar. Ditunggu yaa...


Komentar