Jumat, 21 Juli 2017

Personal Journal: 13 Buku Anak Paling Favorit



Assalamualaikum…

Iseng-iseng aku membuat semacam wrap-up resensi yang pernah kubuat. Kali ini temanya buku anak paling favorit. Sebenarnya banyak banget buku anak yang kusukai. Tetapi aku pilih 13 (tadinya mau 10 saja, tapi susah banget mengeliminasinya, hehehe) yang paling aku sukai.

Akhir-akhir ini aku jarang membaca buku anak. Seperti belum menemukan buku anak yang memikat hatiku. Padahal membaca buku anak itu sangat ampuh untuk menghilangkan (atau paling tidak mengurangi) stress, lho. 

Membaca buku anak juga membuat kita teringat untuk tidak terkungkung dengan cara berpikir orang dewasa. Kita jadi lebih terbuka, lebih antusias, lebih happy melalui hari-hari. Pokoknya baca buku anak tuh seru, deh.

Nah, ini 13 buku anak paling favorit yang pernah kubaca dan kuresensi.…
Ingat kartun Remi yang dulu pernah tayang di RCTI? Kalau ingat, berarti umurnya nggak jauh beda sama aku, hehehe… Nobody’s Boy atau Sebatang Kara adalah sebuah novel yang berkisah tentang perjalanan Remi, seorang anak laki-laki Prancis.
Sejujurnya, aku sudah lupa dengan kisah Remi yang di TV, tetapi kisah Remi di novel benar-benar menyentuh hati. Banyak bagian yang aku suka. Aku juga suka banget dengan karakter Remi yang tabah dan pantang menyerah. 
Kisah dari Astrid Lindgren ini sangat cocok dibaca saat musim liburan atau malah pas lagi dikejar deadline. Soalnya ceritanya lucu dan seru, sih. Pokoknya efek setelah baca buku ini itu bawaannya senang.
Aku suka kisah ini karena mengangkat kisah tiga bersaudara yang tabah menghadapi perubahan hidup dan menjalaninya dengan penuh keceriaan.
Mau membaca dongeng yang berbeda dengan dongeng-dongeng kebanyakan? Baca buku ini, deh! Buku ini berkisah tentang putri yang ceroboh, monster yang pandai membuat kue, naga yang takut terbang, dan penyihir yang punya belas kasihan.
Satu lagi buku anak yang menimbulkan perasaan bahagia setelah membacanya. Heidi ini gadis yang supel, baik hati, dan periang. Pokoknya kalau ada Heidi, segalanya akan baik-baik saja. 

6. The Girl Who Could Fly - Victoria Forrester
Piper McCloud tidak pernah menyangka memiliki kemampuan terbang. Ia pun dibawa ke sekolah khusus bagi anak-anak yang memiliki kemampuan ajaib. Ternyata, sekolah yang dimasukinya memiliki suatu masalah. Bersama teman-temannya, Piper berusaha memecahkan masalah terebut. Mungkin konfliknya cukup pasaran dan sederhana, tetapi tokoh-tokoh di dalam cerita ini menarik.
Siapa sih yang nggak kenal dengan Pippi Longstocking? Paling tidak, pasti pernah mendengar namanya yang mahsyur. Pippi ini  gadis yang unik dan keren banget. Kisah-kisahnya lucu dan sangat menghibur.

8. Wonderstruck - Brian Selznick
Karya Brian Selznick yang satu ini nggak kalah keren dengan The Invention of Hugo Cabret yang sudah difilmkan. Malah aku jauh lebih suka Wonderstruck karena ada 2 kisah di dalamnya. Kisah masa sekarang dan kisah masa lalu. Gambar-gambar yang indah, tema tak biasa yang diangkat, dan karakter yang lovable membuat aku makin suka buku ini. 

9. The Emerald Atlas – John Stephens
Ini cerita petualangan yang seru banget. Sebenarnya aku nggak menyangka bukunya bakal seseru itu, karena menemukannya di tumpukan buku obral. Eh, ternyata seru banget. Dan sudah ada sekuelnya juga. Aku berniat untuk membaca ulang buku ini sebelum melanjutkan buku kedua. Mari berharap supaya Gramedia tidak lupa untuk menerbitkan buku ketiganya. Amiin.
Aku suka banget dengan tokoh Calpurnia Tate atau biasa dipanggil Callie Vee. Dia contoh anak perempuan pemberani, suka belajar, suka membaca buku, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Buku ini juga mendapat penghargaan Newberry pada tahun 2010, lho.
Premis awal buku ini sekilas mirip kisah Charlie di pabrik cokelat Willy Wonka. Tetapi cerita selanjutnya berbeda banget dan nggak kalah seru dengan petualangan Charlie dan keempat temannya. Yang paling aku suka dari buku ini adalah bagaimana penulis menulis cerita dari lima sudut pandang para tokoh dan menjalinnya menjadi suatu cerita yang tidak tertebak.

12. Si Bandel dan 13. O Mungil – Edith Unnerstad
Sebelumnya, aku tidak pernah mendengar nama Edith Unnerstad. Aku tidak tahu kalau beliau adalah salah satu penulis anak-anak. Dan cerita tentang Si Bandel dan O Mungil ini seruuu banget. Membaca kisah tentang kepolosan mereka bikin aku tertawa.

Omong-omong, beberapa buku yang kusebutkan adalah buku terbitan lama yang mungkin sudah agak sulit untuk ditemukan. Ada beberapa yang kubaca dari hasil meminjam di perpustakaan, meminjam punya teman, atau buku obralan, hehehe. 

Bagaimana denganmu? Apakah suka membaca buku anak juga? Buku apa yang paling favorit?


*picture taken from pinterest, edited by me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar