Personal Journal: 11 Buku Klasik yang Ingin Aku Baca

Setelah membaca Lukisan Dorian Gray, aku merasa ingin membaca buku klasik lebih banyak lagi. Dulu, waktu masih jadi pengunjung tetap perpustakaan kampus, kebanyakan buku-buku yang kupinjam memang buku klasik. Setelah lulus dan bekerja, aku merasa buku klasik yang kubaca sedikit sekali.

Oleh karena itu, aku ingin mendaftar buku-buku klasik apa saja yang ingin kubaca dan kumiliki supaya tidak lupa.

1. Wuthering Heights by Emily Bronte. Sejak lama, aku penasaran dengan karya Bronte Sisters, salah dua karyanya yang membuatku penasaran adalah Jane Eyre dan Wuthering Heights.


2. The Hobbit by J.R.R. Tolkien. Setelah membaca Trilogi Lord of The Rings, rasanya ingin kembali lagi dunia Middle Earth.


3. Seluruh seri The Chronicle of Narnia by C.S. Lewis. Aku baru membaca buku The Magician Nephew, The Silver Chair, dan The Last Battle. Masih ada beberapa buku lagi yang harus dibaca!



4. Seluruh seri Anne of Green Gables by Lucy M. Montgomery. Yup, as one of my favorite author, harus banget baca karya Montgomery yang satu ini.



5. Oliver Twist by Charles Dickens. Aku juga penasaran dengan karya-karya Dickens, dan salah satu karya yang menarik hati aku adalah Oliver Twist. Kebetulan dulu pernah membaca cuplikan ceritanya di buku pelajaran Bahasa Inggris, dan pernah menonton film adaptasinya juga.



6. The Woman in White by Wilkie Collins. Entah kenapa, dari dulu penasaran dengan buku ini.


7. The Prince and The Pauper by Mark Twain. Setelah membaca The Adventure of Tom Sawyer dan The Adventure of Huckleberry Finn, tidak lengkap rasanya kalau tidak membaca karya Mark Twain yang satu ini.


8. Peter Pan by J.M. Barrie. Just because it’s Peter Pan.



9. The Hunchback of Notre Dame by Victor Hugo. Dulu pernah baca cuplikan ceritanya di majalah anak-anak, dan sekilas pernah menonton versi film kartunnya. Tidak afdhal rasanya kalau tidak baca novelnya juga.


10. Tree Grows in Brooklyn by Bettie Smith. Pernah baca beberapa kutipan novelnya. Sepertinya menarik dan sudah diterjemahkan juga ke Bahasa Indonesia.



11. And last, but not least, seluruh seri Harry Potter by J.K. Rowling. Menurutku ini juga masuk kategori klasik. Iya, kan?




Itulah daftar buku klasik yang ingin kubaca? Bagaimana dengan teman-teman? Apakah suka membaca buku klasik juga? Ada rekomendasi buku klasik lain yang menarik untuk dibaca?

Silakan share di komentar ya…. Terima kasih

Komentar