Resensi Buku: 1001 Penemuan dan Fakta Mempesona Peradaban Muslim


Penulis: Al-Hassani Salim, dkk.
Penerjemah: Zhizhi Siregar
Penyunting: Andya Primanda
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Tahun Terbit: 2015
Halaman: 96
ISBN: 978-602-424-274-9


Seperti judulnya, buku ini berisi 1001 penemuan dan fakta-fakta peradaban Muslim. Fakta-fakta ini disusun per tema, seperti tema kota, sekolah, taman, kebersihan, penerbangan, penglihatan, kincir angin, air, dan masih banyak lagi. fakta-fakta tersebut disajikan dalam bentuk pointer ber-angka sehingga memudahkan kita dalam membacanya sesuai urutan.

Dari segi tema, buku ini cukup banyak mengangkat berbagai sisi kehidupan yang ‘disentuh’ peradaban Muslim dan pengaruhnya bagi dunia, dari masa lalu hingga masa kini. Sayangnya, karena berbentuk pointer, penjelasan cenderung singkat dan tidak terlalu mendalam. Namun, karena buku ini ditujukan untuk anak-anak, penjelasan singkat seperti itu pun sudah cukup.



Sayangnya lagi, jika buku ini memang ditujukan untuk anak-anak, ada satu hal yang sangat mengganggu, yaitu ukuran font. Ukuran font di buku ini kecil-kecil, tulisan cenderung rapat, dan ada beberapa teks berwarna yang terkena gambar di belakangnya sehingga teks tersebut terlihat saru. Tentu saja hal ini cukup mengganggu pembaca, terlebih anak-anak.


Selain menyajikan fakta-fakta seru peradaban Muslim, di bagian awal buku ini juga menyajikan peta persebaran agama Islam, dan di bagian akhir, terdapat penjelasan singkat beberapa ilmuwan Muslim yang namanya sempat disebut di bagian dalam.


Sekali lagi, karena judulnya 1001 fakta dan penemuan, isinya pun hanya sekadar uraian fakta-fakta. Bukan penjelasan dengan kalimat-kalimat yang ‘menyentuh’ pembaca. Jadi, ya rasanya seperti menambah wawasan saja. Akan tetapi, karena banyak tema yang dibahas di buku ini, saya sebagai pembaca juga ikut takjub dengan kenyataan bahwa banyak sekali penemuan-penemuan yang dilakukan oleh orang Islam.

Buku ini cocok dibaca untuk anak usia 10 tahun ke atas mengingat penyajian tulisannya kecil dan rapat. Jika dibaca oleh anak yang lebih kecil, mungkin mereka hanya melihat gambar-gambarnya saja. Sampulnya hardcover, cocok menjadi salah satu koleksi perpustakaan keluarga di rumah.

Komentar