Resensi Buku: Aku Bukan Budak Gaji

Penulis: Ghurmullah al-Ghamidi
Penerjemah: Shofw el-Fikry, Lc.
Editor: Fiedha L’ Hasiem
Penerbit: Tinta Medina
Tahun Terbit: Cetakan kedua, April 2015
ISBN: 978-979-045-8000-0


Setelah Lapis-Lapis Keberkahan, Aku Bukan Budak Gaji adalah salah satu buku yang saya menyesal baru membacanya tahun ini. Padahal, beli buku ini dari tahun 2017. Ternyata bukunya bagus banget, asli!

Aku Bukan Budak Gaji adalah buku terjemahan dari Arab Saudi dengan judul asli “Lan Akuuna ‘Abdan Lirraatib”. Buku ini bukan sekadar ‘how-to-be-rich-book’ tetapi lebih kepada buku panduan dan pengembangan diri. Bagi yang awam sekali dengan tema finansial, buku ini bisa menjadi buku pertama yang dibaca untuk menuju buku-buku atau pengetahuan selanjutnya di bidang tersebut.

Mengapa saya sebutkan begitu? Karena buku ini mengawali penjelasannya dengan pertanyaan paling mendasar, ‘Mengapa Anda ingin kaya?’

Kira-kira apa alasan kita ingin kaya? Apakah agar bisa memiliki rumah megah, mobil mewah, dan dapat liburan ke sana kemari? Apakah agar bisa merawat dan mendidik anak-anak kita (dan mungkin kita sendiri juga anggota keluarga lainnya) sampai ke pendidikan tinggi? Apakah agar mudah melakukan segala sesuatu yang kita inginkan di dunia?

Di dalam buku ini dijelaskan bahwa tujuan utama kita bukan semata-mata menjadi kaya, tetapi bebas finansial.


“Salah satu tujuan yang paling penting dalam kehidupan Anda adalah bebas finansial. Jika sudah sampai pada kebebasan finansial, Anda dapat hidup sesuai dengan kehendak Anda dan bukan hidup tanpa pilihan. Bebas finansial artinya Anda memiliki sejumlah uang yang cukup sehingga Anda merasa aman dan memiliki pola pikir cara menghasilkan uang.”


Apa manfaatnya bagi kita jika kita sudah mencapai status bebas finansial?


“Kebebasan finasnial dapat memberikan waktu yang cukup untuk beribadah kepada Allah, bersedekah dalam segala bentuk kebaikan, bersilaturahim, dan membantu orang-orang yang membutuhkan.”


Dari hal paling mendasar ini, kita diajak untuk menelaah lebih lanjut tentang perbedaan kaya dan miskin, khususnya dalam dunia finansial. Kaya dan miskin bukan sekadar tentang gaji atau pendapatan yang kita miliki, tetapi lebih kepada apa yang bisa kita tabungkan.

Jadi, orang yang kita anggap kaya karena memiliki rumah megah, mobil mewah, dan rutin pelesir ke luar negeri belum tentu orang kaya sungguhan jika dia tidak memiliki tabungan dan malah banyak utang (dengan kartu kredit misalnya). Sementara itu, orang dengan pendapatan biasa-biasa saja atau malah rendah, bisa jadi dia adalah orang kaya karena setiap bulan mampu menabung tidak kurang dari sepuluh persen pendapatannya. Inilah perbedaannya. 

Hal lain yang dibahas buku ini adalah ilmu dasar akuntansi. Tenang saja, pemaparan ilmu akuntansi di buku ini sederhana dan mudah dipahami, kok, bahkan oleh saya yang sejak dulu tidak suka dengan ilmu akuntansi, hehehe. Ternyata oh ternyata, ilmu akuntansi (paling tidak dasarnya) sangat penting diketahui setiap orang (yang ingin kaya).

Setelah menjelaskan tentang dasar-dasar akuntansi, penulis menjelaskan tentang gaya hidup yang sering terjadi di kalangan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke atas. Memiliki gaji tetap yang tinggi tidak menjamin seseorang bebas dari utang. Kuncinya adalah pada gaya hidup. Sebesar apa pun gaji yang kita dapat, akan selalu ada pengeluaran. Oleh karena itu, semua kembali kepada diri kita sendiri, mampukah kita mengontrol diri agar pengeluaran kita lebih kecil dari pendapatan yang kita terima dan rutin menabung tidak kurang dari sepuluh persen?

Dari sini, penulis mengajak kita untuk bersama-sama mencapai jalan kebebasan finansial, yaitu dimulai dari diri sendiri dulu. Kita diajak untuk melihat kebiasaan kita, keinginan dan tujuan kita, bagaimana kita mengelola waktu, dan seberapa penting diri kita untuk kita sendiri. Kemudian, penulis melanjutkan dengan pertanyaan, “Apakah Anda bersungguh-sungguh ingin mewujudkan Hari Kebebasan Finansial Anda?”

Secara keseluruhan, buku ini lengkap sekali membahas dasar-dasar menuju kebebasan finansial. Mulai dari alasannya, langkah-langkahnya, ilmu-ilmu yang harus kita cari, juga menyitir ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits Rasulullah saw. yang menguatkan kita dalam melangkah menuju hari bebas finansial. 

Selain itu, buku ini juga menuliskan kisah-kisah orang sukses dalam dunia finansial agar kita belajar dari kesuksesan mereka. Tebak siapa tokoh pertama yang kisahnya dituliskan dalam buku ini? Ya, Abdurrahman bin Auf r.a.. seorang pengusaha sukses, salah satu Assabiqunal Awwalun, dan sudah dijamin Rasulullah saw. akan menjadi penghuni surga. Inginkan kita seperti beliau?

Dari segi fisik buku, terjemahan buku ini sangat nyaman dibaca, pembahasannya mudah dipahami, ada ilustrasi yang membantu menjelaskan pemaparan penulis, ada kata-kata penting yang dicetak tebal dan dibesarkan untuk menjadi pengingat, dan ada daftar pertanyaan untuk dijawab dan direnungi.

Akhir kata, Aku Bukan Budak Gaji adalah sebuah buku yang sangaaattt bagus dan sangat wajib dibaca oleh siapa saja yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hidupnya. Buku ini bisa menjadi gerbang pertama untuk mendalami lebih lanjut ilmu finansial.

Komentar