Reclaim Your Heart; Rebut Kembali Hatimu

Penulis: Yasmin Mogahed
Penerjemah: Nadya Andiwiani
Penyunting: Moh. Sidik Nugraha
Penerbit: Zaman
Tahun Terbit: Cetakan 1, 2014
Halaman: 298
ISBN: 978-602-1687-38-3

“Banyak dari kita terjebak oleh kekecewaan yang berulang. Kita tidak tahu mengapa hal itu terjadi. Reclaim Your Heart adalah tentang membebaskan hati dari perbudakan itu, tentang melepaskan diri dari jebakan-jebakan kehidupan.”
Sebelum membawa pulang Reclaim Your Heart dari toko buku, saya sudah sering melihat nama Yasmin Mogahed wara-wiri di Tumblr (waktu itu masih aktif main Tumblr) dan Instagram saya. Banyak orang yang menulis ulang dan menyebarkan kutipan-kutipannya. Saya pun penasaran dengan sosok Yasmin Mogahed ini dan langsung menelusuri situsnya.
Setelah tahu Penerbit Zaman menerbitkan Reclaim Your Heart versi Bahasa Indonesia, saya tidak terlalu menunggu untuk segera membelinya. Namun anehnya, sangat lama menunggu untuk membaca dan menyelesaikannya!
Entah kenapa, setelah membeli buku ini saya merasa belum tertarik dan membiarkan buku ini ada timbunan TBR. Kemudian, sekitar tahun 2017 saya membaca bagian awalnya dan merasa buku itu sangat bagus. Bukannya melanjutkan, saya malah meminjamkan Reclaim Your Heart kepada teman saya sampai ia tamat membacanya dan saya belum juga membaca buku ini sampai tahun 2019! Dan baru bulan Maret 2019 saya membaca sampai tamat dengan membaca ulang dari awal.
Jadi, Reclaim Your Heart adalah kumpulan tulisan Yasmin Mogahed yang benang merahnya adalah; melepaskan hati dan diri kita dari segala jenis perbudakan dan menyerahkannya kepada Pemilk Hati yang Sejati, yaitu Allah SWT. Saat kita telah menyerahkan hati kita kepada Allah, saat itulah kita menjadi hamba tetapi hidup bebas merdeka dari segala keterikatan fana.
Reclaim Your Heart terdiri dari tujuh bagian; Keterikatan, Cinta, Penderitaan, Hubungan dengan Sang Pencipta, Status Perempuan, Umat, dan Puisi. Bagian terakhir adalah kumpulan puisi karya Yasmin Mogahed yang berkenaan dengan perasaan dan keresahannya sebagai manusia.
Saya tidak tahu bagaimana cara yang tepat menuliskan ulasan buku ini yang benar-benar menggambarkan isi buku ini secara menyeluruh, yang jelas Reclaim Your Heart benar-benar sebuah buku yang sangat bagus, harus dikoleksi, dan menarik untuk dibaca berkali-kali.

Semua tulisan Yasmin Mogahed di buku ini benar-benar menyadarkan saya bahwa segala sesuatu yang kita miliki, kita lakukan, akan kembali kepada Allah, harus tertuju kepada Allah. Segalanya berasal dan berpulang kepada Yang Mahakekal dan Mahakuasa. 
Reclaim Your Heart benar-benar cocok untuk orang yang sedang galau, resah, gelisah, gundah-gulana karena dunia, entah karena cinta, pernikahan, pekerjaan, kehilangan, dan sebagainya. Bahkan, untuk orang yang merasa ‘baik-baik saja’, buku ini tetap layak dibaca karena … ah, benar-benar menggugah jiwa banget.
Ada begitu banyak kutipan bagus di buku ini. Resensi ini bakal penuh dengan kutipan kalau saya tulis semuanya. Akan tetapi, saya akan taruh satu kutipan pertama yang saya temukan saat membaca buku ini. 
“Hanya ada satu buhul tali yang amat kuat dan tidak akan putus. Hanya ada satu tempat kita bisa bergantung. Hanya ada satu hubungan yang menentukan nilai diri kita dan hanya ada satu sumber bagi kita untuk mencapai kebahagiaan, kepuasan, dan keselamatan tertinggi. Satu tempat itu adalah Allah.”
Ah, seandainya kita benar-benar memahami surah Al-Ikhlash yang telah kita hafal sejak kecil dan (mungkin) sering kita ulang-ulang dalam bacaan shalat, kita tentu tidak akan terjebak dalam cinta yang semu dan bergantung pada sesuatu yang rapuh.


Komentar