Book Haul Januari-April 2019

Assalamualaikum, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik, ya.

Kali ini saya mau sharing tentang buku-buku yang saya miliki dari awal tahun hingga pertengahan April 2019. Kenapa? Karena saya merasa timbunan buku saya makin banyak, padahal status saya ‘pengangguran’ dan masih banyak buku yang belum dibaca.

Bulan Januari, bulan pertama saya resign, saya nggak beli buku apa-apa. Bulan februari juga. Baru belanja buku di bulan Maret karena ada Islamic Book Fair. Tahun ini, Alhamdulillah saya datang ke IBF di JCC sebagai pengunjung biasa setelah dua tahun terakhir jadi kasir dan SPG di stand, hehehe. 


Buku yang saya beli tidak banyak, jauh dari jumlah buku yang biasa saya beli di pameran-pameran buku. Saya hanya membeli buku di stand Penerbit Serambi; Perang Salib dan Dari Puncak Baghdad. Buku Perang Salib ini sepertinya menghabiskan stok lama, karena diobral dengan harga yang lumayan murah (Rp60.000) dan kondisi bukunya sudah tidak terlalu bagus, sudah tidak ada yang bersampul lagi. Saya susah payah mencari buku yang kondisinya paling mendingan (tidak terlalu rusak di bagian jilid dan tidak terlalu banyak noda kuning), akhirnya dapatlah buku tersebut. 

Saya juga beli buku anak bergambar kucing dengan harga satuan Rp10.000 saja. Hanya karena gambarnya kucing! Hahaha. 

Dua buku yang lain adalah buku yang dibeli suami saya, dua-duanya di Penerbit Tiga Aksara, yaitu Marketing Hebat ala Rasulullah dan Start Me Up. Saya juga berencana membaca dua buku tersebut karena kami berdua sedang merintis toko buku daring Satriabaca.

Setelah Islamic Book Fair, saya ikut kuis ulang tahun Mizan yang diselenggarakan pertengahan Maret. Alhamdulillah, kerepotan membawa dan menyusun bertumpuk-tumpuk buku Mizan terbayar dengan hadiah voucher buku senilai Rp360.000. Jumlah yang sangat besar tentu saja dan saya sangat berterima kasih kepada Penerbit Mizan karena memilih saya sebagai salah satu pemenang.

Hanya saja, terjadi sedikit drama saat proses pembeliannya. Saya sengaja menggunakan voucher hadiah saat promo36 Mizan di Mizanstore.com karena gratis ongkir. Salahnya saya, saya membeli satu buku nonMizan yang berarti saya harus membayar sendiri buku tersebut dan kehilangan sekitar Rp50.000an uang dari voucher. Wkwkwk. Jadi, saya hanya memakai sekitar Rp310.000an dari voucher dan sisanya hangus begitu saja karena voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi.

Ini buku-buku yang saya beli dari voucher tersebut. Coba tebak buku apa yang bukan diterbitkan Mizan?



Pada bulan Maret juga saya dapat dua buku gratis, yaitu buku #GIRLBOSS dan Inspiring Moms & Dads. Buku #GIRLBOSS saya dapat karena menang giveaway dari akun Instagram @bungaazzahra, sedangkan Inspiring Moms & Dads saya dapat dari temu SGI. 



Awal April, saya jalan-jalan ke pasar kaget di bulevar Grand Depok City dan menemukan Harry Potter & Tha Chamber of Secret bekas seharga Rp20.000 saja! Senangnya! Pas banget saya memang sedang mengumpulkan seri Harry Potter dengan cover lama. Kebetulan saya sudah punya seri nomor 4, 5, dan 7. Suami saya beli dua komik Doraemon seharga Rp5.000 saja satuannya.



Dengan banyaknya buku yang telah saya dapatkan dan timbunan dari tahun-tahun lalu yang juga masih banyak, saya berniat untuk tidak membeli buku lagi. Apalagi saya sudah tidak bekerja kantoran yang berarti penghasilan pribadi saya sudah tidak ada. Akan tetapi, niat tinggalah niat.

Saat mengetahui ada obral buku di TM Bookstore dan dengar cerita dari teman yang sudah ke sana, saya pun tergoda untuk ke TM Bookstore juga. Saat ke toko buku tersebut, saya sempat kebingungan mencari buku-buku yang diobral. Yang ada hanya rak buku khusus diskon 50%, diskon 40%, dan diskon 25%. Sementara itu teman saya bilang kalau dia beli buku obral senilah Rp15.000an saja. karena tidak jua menemukan akhirnya saya membeli satu buku House of Tales yang sedang diskon 25% dan membeli buku untuk adik saya.

Ternyata setelah selesai berbelanja dan keluar dari toko buku, saya baru sadar kalau buku-buku obral itu ada di ruang sebelahnya! Aaargh! Dan di sana lumayan banyak buku-buku yang menarik seperti yang teman saya bilang. Ya ampuun! Padahal, dompet sudah mulai menipisss banget.



Akhirnya, dengan khilaf saya membeli enam buku lainnya, dua buku Anne itu sudah saya incar dari zama promo Mizan36. Stok di mizanstore kosong, di TM malah banyak banget dengan harga yang amat miring pula, cuma Rp20.000. Jadi, buat yang ingin memborong buku-buku murah, silakan ke TM Bookstore yang ada di Detos atau DMall, karena obral ini berlangsung hingga akhir April 2019.

Setelah di rumah, saya berjanji untuk tidak membeli buku lagi sampai bulan September 2019 dan membaca minimal 20 buku dari timbunan buku tahun 2018 ke belakang. Huffth, semoga kali ini bukan niat belaka, melainkan terwujud. Semangat!!



Ada yang (sering) khilaf beli buku juga seperti saya? Atau ada yang sedang dalam masa ‘book buying ban’ alias menahan beli buku sampai target tertentu?

Komentar

  1. Sempat khilaf beli banyak buku di bulan Januari 2019. Sayangnya, hanya beberapa saja yang dibaca. Sampai bulan April 2019 ini sedang ngerem sekuat-kuatnya buat berhenti beli buku dulu. Selain faktor duit, saya juga sedang malas baca, apalagi harus bikin resensi. Wuft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mengerem beli buku! saya juga harus babat timbunan, nih, sebelum boleh beli buku lagi :D

      Hapus

Posting Komentar