Buku yang Kubaca Berdasarkan Kategori & Genre

Hai, nggak biasanya aku bikin postingan seperti ini. Selama ini, aku belum pernah mengklasifikasikan bacaanku selama setahun sesuai genre dan/atau kategori. Paling cuma bikin rekap daftar bacaan dan buku terbaik/favorit yang dibaca pada tahun tersebut.

Nah, kali ini aku pengen tahu aku lebih banyak baca buku di genre/kategori apa. Mungkin kalau pakai aplikasi Storygraph bakal ketahuan ya. Cuma aku males pakai banyak-banyak akun, jadi aku bikin klasifikasi versiku sendiri, hehehe.

Oiya, just fyi, aku pernah baca-baca, genre itu jenis atau tema bacaannya. Misal: romance, fantasi, horror, thriller, komedi, dll. Kalau kategori lebih ke tingkat umur, seperti buku untuk balita, anak-anak, middle grade (sekitar 9-12 tahun), remaja, dewasa muda, dan dewasa. Tolong koreksi ya kalau salah.

Baiklah, langsung saja kita mulai.

Novel Umum

Aku bikin ini jadi novel umum aja, karena kalau mau dipisah per genre, kayaknya terlalu sedikit. 

1. Perjalanan Mustahil Samiam dari Lisboa, Zaky Yamani

2. Rainbirds, Clarissa Goenawan

3. The Perfect World of Miwako Sumida, Clarissa Goenawan

4. Pasung Jiwa, Okky Madasari

5. Gadis Roma yang Hilang, Donato Carrisi

6. Meet Me in Athens, Erlin Natawiria

7. Winter Tea Time, Prisca Primasari

8. Lights of Life, Yuni Lathifah

9. Heretic, Sarah Singleton

10. The Midnight Library, Matt Haig

11. How to Stop Time, Matt Haig


Novel Remaja

Daftar buku di bawah ini aku klasifikasikan ke dalam novel remaja karena tokoh utamanya remaja, walaupun konfliknya nggak selalu tentang kehidupan remaja.

1. One of Us is Next, Karen McManus

2. Looking for Alibrandi, Melina Marchetta

3. Finding Audrey, Sophie Kinsella

4. Knock, Knock, Who's There, Esa Khairina

5. Ghost Dormitory in Vienna, Esa Khairina

6. My Name is Luca, Ginger Elyse Shelley

7. Dear Miss Tuddels, Ginger Elyse Shelley

8. Rahasia Ayu, Lexie Xu

9. Ketika Sukma Terjaga, Dadan Erlangga

10. Journal of Terror: Kembar, Sweta Kartika


Novel Fantasi

Kalau ini melihat dari 'stempel' dari penerbitnya yang masuk ke dalam lini fantasi.

1. Knife, RJ Anderson

2. Rebel, RJ Anderson

3. Gideon the Cutpurse, Linda Buckley Archer

4. Tar-Man, Linda Buckley Archer

5. Time Quake, Linda Buckley Archer

6. Bliss, Kathryn Littlewood

7. A Dash of Magic, Kathryn Littlewood


Buku Puisi

1. Mengapa Luka Tidak Memaafkan Pisau, Aan Mansyur

2. Perjamuan Khong Guan, Joko Pinurbo

3. Cara Menikmati Kenangan dengan Baik, Rieke Diah Pitaloka & Agus Noor

4. Panduan Jarak Sosial di Tempat Sehari-hari Kaum Introver & Mager, Lucia P

5. Syair-Syair Sekadar Mengingatkan, Yoshi Fe

6. Besok Belum Tentu Kita Saling Mengingat, Dopra

7. Bhinneka Tunggal Cinta, Kang Maman

8. Babad Batu, Sapardi Djoko Damono

9. Ayat-Ayat Api, Sapardi Djoko Damono

10. Melipat Jarak, Sapardi Djoko Damono

11. Kuharap Kau Menemukan Bulan, Alois A. Nugroho


Buku bergambar

Buku yang masuk daftar ini adalah buku yang didominasi oleh gambar. Favoritku buku nomor dua. 

1. The Time We Walk Together, Lee Kyu Young

2. Semestaku, Semua Tentang Kamu, Minho Myeong


3. Tenang, Semua Akan Baik-Baik Saja, Jedit

4. Wake Up, Sloth! Aulia Hanifa

5. Honest World, Natalia Tanojo

6. Diary Nekonabil: A Cup of Soul, Khaira Nabila

7. Wanderer, POLA

8.Quiet Girl in Noisy World: an Introvert's Story, Debbie Tung

9. Happily Ever After (and Everything in Between), Debbie Tung

10. I Like You, I Love You, Carissa Potter

11. It's Ok to Feel Things Deeply, Carissa Potter

12. Grey & Jingga: the Twilight, Sweta Kartika

13. Grey & Jingga: the Days of Violet, Sweta Kartika


Kumpulan cerita & novelet

1. Kitab Kawin, Laksmi Pamuntjak

2. Teh & Pengkhianat, Iksaka Banu

3. Cat's Stories, James Herriot

4. Demi Cinta Satu Malam, Emile Zola


Buku tentang Buku

Tahun ini nggak nyangka banget bisa banyak baca buku tentang buku. Padahal, nggak ada niat sama sekali. Tapi pas sekali baca, ketagihan nyari buku sejenis lagi dan lagi. Selain itu, aku mulai merasa aku nggak akan mungkin baca semua buku yang aku mau atau yang aku ingin tahu, jadi lebih baik baca buku yang menjelaskan tentang buku-buku lain. Walaupun nggak semua buku di daftar ini seperti itu. Contohnya buku nomor 2, 3, 5,7, dan 11. Oiya, buku nomor 11 sebenarnya nggak spesifik tentang buku, tapi lebih ke daftar sastrawan dunia. Hanya karena banyak juga menyebut judul buku, aku masukkan ke daftar ini.

1. Bibliophile, Jane Mount

2. The Little Library Year, Kate Young

3. Bibliostyle, Nina Freudenberger

4. Book Lust, Nancy Pearl

5. Classic Penguin, Cover to Cover

6. The Penguin Classics Book, Henry Eliot

7. Book Lover, Bibliomaniacs, and Book Clubs, Henry Howard Harper

8. Book Girl, Sarah Clarkson

9. My Life with Bob, Pamela Oaul

10. I'd Rather be Reading, Guinever de la Mare

11. Ensiklopedia Sastra Dunia, Anton Kurnia


Buku tentang Journaling

Ini juga tahun pertamaku membaca buku tentang journaling. Kalau biasanya cuma lihat-lihat tentang journaling di situs web atau media sosial, tahun ini aku sengaja baca bukunya untuk melepas rasa penasaran.

1. Journal with Purpose, Helen Colebrook

2. Creative Journaling, Renee Day

3. Dot Journaling, Rachel Wilkerson Miller


Buku tentang Menulis

Sebenarnya aku lagi nggak minat-minat amat menulis di tahun ini. Terbukti aku nggak bikin tulisan apa pun kecuali beberapa curhatan dan rekap baca di blog, hehehe. Sama seperti buku tentang journaling, aku baca buku-buku ini cuma sebagai obat rasa penasaran, yang lumayan menambah ilmu, walaupun nggak tahu kapan dipraktekkinnya.

1. Moving Cursor, Winna Effendi

2. Aku Menulis Maka Aku Ada, Kang Maman

3. Menulis & Berpikir Kreatif, Ayu Utami


Buku tentang Food & Beverage

Yang ditulis tiga, padahal aslinya banyak. Buku-buku resep tuh sebenarnya obat reading slump aku. Kalau lagi males baca dan pengen lihat yang enak-enak, ya baca buku resep :D

1. Fika: the Art of Swedish Coffee Break, Anne Bronte & Johanna Kindvall

2. Scandikitchen with Love, Bronte Aurell

3. Info Boga Jakarta, Rinto Habsari


Buku tentang Traveling

Awal tahun 2020 aku pernah berencana untuk keliling kota Jakarta. Sayangnya, rencana itu mesti tertunda karena pandemi, abis itu aku punya bayi. Sampai sekarang, rencana itu masih jadi rencana yang malah makin melebar karena makin banyak tempat yang ingin aku kunjungi setelah membaca tiga buku ini.

1. Pasarnye Jakarte, Gagas Ulung

2. Wisata Pasar Khas Jakarta, Natasha Cindy

3. Travelicious Jakarta, Rini Raharjanti


Buku nonfiksi lainnya

Ini sisaan dari buku-buku nonfiksi lain yang sudah masuk ke dalam kelompok buku yang sudah kubuat. Empat buku ini terlalu random, karena bacaan iseng aja di Ipusnas, jadi aku gabung di sini. Meskipun iseng, dua buku pertama di daftar ini bagus banget buat dibaca.

1. You Do You, Fellexandro Ruby

2. Masih Belajar, Iman Usman

3. Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Hypnobirthing

4. Style Secret: Rahasia Padu Padan Kerrn, Ade Aprilia

5. The Natural Beauty Solution, Ade Aprilia


Komentar