Daftar Buku Islami yang Bisa Kamu Baca Sambil Menunggu Waktu Berbuka




Assalamu’alaikum, apa kabar? Semoga selalu sehat, yaa.

Setelah lama tidak menulis Listopia dan mumpung bulan Ramadhan juga, kali ini saya ingin berbagi daftar buku islami yang bisa menjadi teman kamu menunggu waktu berbuka (selain membaca Al-Qur’an yang sudah pasti wajib, yaa). Ini dia daftarnya:

1.       Reclaim Your Heart karya Yasmin Mogahed


Diletakkan di nomor urut pertama bukan tanpa alasan. Ini buku yang baguuusss banget. Isinya ‘dalem’, dekat banget dengan keseharian kita, dan mengingatkan kita dengan cara yang paling apik bahwa semua itu milik Allah dan akan kembali kepada Allah, termasuk hal-hal yang paling kita cintai.

2.       Lapis-Lapis Keberkahan karya Salim A. Fillah


Bukunya memang tebal. Baru melihat saja, saya sudah mengkeret duluan, tidak yakin apakah saya mampu menamatkannya. Ternyata setelah membaca satu bab, jadi ketagihan baca bab selanjutnya dan selanjutnya. Sebuah buku super lengkap yang membahas tentang hidup yang penuh berkah.

3.       Tetralogi Muhammad karya Tasaro GK



Bagi yang ingin mengenal lebih dekat Nabi Muhammad saw. lewat jalan yang lebih ‘sastrawi’. Setiap bukunya memang tebal karena tidak hanya menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad saw., tetapi juga diselingi kisah fiksi tentang Kashva, seorang pemuda yang berjalan jauh untuk bertemu dengan sang Utusan Terakhir. 

4.       The Genius of Islam karya Bryn Barnard



Bagi yang ingin membaca buku yang tidak terlalu tebal dan penuh gambar, buku ini bisa menjadi pilihan. Membuat kita semakin mengenal dengan buah dari kejayaan Islam pada masa lalu dan semoga menginspirasi kita untuk mengembalikan kejayaan tersebut pada masa sekarang. 

5.       The Purpose of Life karya Alnira


Buku ini bisa menjadi pilihan bagi yang lebih suka membaca novel. Dari sampul dan judul, tidak terlalu tampak seperti buku islami, tetapi setelah membaca isinya … wow, bagus banget. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sering kita tanyakan tentang agama Islam dibahas di sini dengan cara yang mudah dipahami karena lewat cerita. 

6.       Awe-Inspiring-Me karya Dewi Nur Aisyah



Buku ini cocok banget untuk kamu para muslimah muda, terutama usia SMA-Kuliah karena pembahasan dari Mbak Dewi ini dekat banget dengan keseharian para muslimah. Walaupun ditujukan kepada para muslimah, buku ini juga cocok bagi siapa saja yang ingin memperbaiki diri dan menata kembali hidupnya.

7.       Super Diary 1 dan 2 karya Zeynep Sevde Paksu




Dua buku anak yang keren banget! Meskipun buku anak, sungguh saya jika dilewatkan oleh orang dewasa. Bukunya memang terkesan bukan buku yang serius, dengan font huruf besar dan ilustrasi lucu, tetapi sebenarnya buku ini mengajarkan hal paling dasar kepada anak tentang aqidah, yang seharusnya tidak hanya perlu diketahui anak, tetapi juga orang dewasa di sekitar mereka. 


Itulah beberapa buku yang bisa jadi bahan bacaan selama bulan Ramadhan (di luar bulan Ramadhan juga bisa) sambil menunggu waktu berbuka. Semoga bisa menambah ilmu (khususnya ilmu agama) dan dijauhkan dari hal yang sia-sia. 

Bagaimana denganmu? Buku apa yang kamu baca selama bulan Ramadhan?

Komentar